Perkembangan dan Sejarah Permainan Capsa Susun

Judi kartu capsa susun bisa dibilang salah satu jenis permainan kartu yang lumayan tua. Sejarah dan perkembangan capsa susun, sebetulnya masih menjadi tanda tanya. Banyak pihak mengatakan jika capsa pertama kali dimainkan oleh para penggembala dari wilayah Asia Barat. Walau begitu, banyak juga pendapat yang mengungkapkan jikaa capsa asanya dari Cina. Seperti diketahui capsa diyakini mulai berkembang di akhir abad ke 17 dan memasuki abad ke 18. Sehingga seiring perkembangan zaman capsa mulai populer tidak hanya alat yang dipakai dan tentang peraturan permainannya.

Perkembangan Capsa Susun Dari Dulu Hingga Sekarang

Tidak berbeda jauh dengan permainan lainnya, capsa tercipta dari budaya. Berbagai sumber mengatakan jika capsa lahir sebagai bentuk apresiasi atau penghormatan terhadap dewa. Lama-kelamaan, permainan selanjutnya dimainkan masyarakat setempat. Permainan yang awal mulanya banyak pejabat kerajaan dimainkan, mulai diminati masyarakat. Sejarah mengatakan jika permainan pernah populer dimasa Kaisar Mu-Tsung. Tidak sedikit juga yang mempercayai jika capsa susun diciptakan di waktu yang bersamaan yakni Pai Gow.

Berkembang Didaratan Eropa

Kira-kira memasuki abad 19, capsa susun diyakini telah berkembang dengan cepat di daratan Eropa. Secara tidak langsung budaya juga memberikan andil untuk permainan capsa. Yang begitu mempengaruhi permainan capsa adalah adanya gambar Raja, Ratu, dan Jack yang msih berlaku sampai sekarang ini. Sebetulnya masih belum kelihatan tokoh yang dijadikan gambar dalam kartu capsa maupun poker. Akan tetapi, diyakini tokoh dibawah ini yang bisa dijadikan acuan antara lain.

  1. Etienne de Vignolles sebagai karakter Jack Hati.
  2. Hector sebagai karakter Jack Wajik.
  3. Ogier sebagai karakter Jack Sekop.
  4. Lancelot sebagai karakter Jack Keriting.
  5. Yudit sebagai karakter Queen Hati.
  6. Rachel sebagai karakter Queen Wajik.
  7. Pallas sebagai karakter Queen Sekop.
  8. Argine sebagai karakter Queen Keriting.
  9. Charles sebagai karakter King Hati.
  10. Caesar sebagai karakter King Wajik.
  11. Daud sebagai karakter King Sekop.
  12. Aleksander sebagai karakter King Keriting.

Panduan Bermain Capsa

Bisa dibilang capsa susun membutuhkan waktu untuk bisa dikenal sampai sekarang ini. Hal itu juga berlaku terhadap peraturan permainan yang selalu berkembang. Menurut sejarah, kayu merupakan alat pertama yang dipakai untuk membuat kartu capsa. Selanjutnya plastik sintetis digunakan di tahun 1907, tapi kayu masih dianggap sebagai bahan yang cocok untuk membuat lembaran kartu. Dengan perkembangan dan tingkat kepopulerannya muncul alternatif lain yakni plat tembaga. Selanjutnya peraturan permainan capsa susun juga berubah mengikuti zaman. Sekarang ini, aturan yang ada dalam permainan capsa ialah 4 orang pemain saling berhadapan untuk mengadu 13 kartu yang didapatkan. Dalam penyusunan kartu masing-masing pemain harus mengadu strategi untuk menyusun kartu dalam 3 bagian yang tidak sama yakni atas, tengah bawah. Dalam tingkatkan paling atas ada 3 buah kartu dan dua lainnya adalah 5 buah kartu. Pemenang akan diperoleh apabila jumlah kemenangan yang didapat dari setiap susunan mengalahkan pemain lain. Pastinya, setiap pemain diberikan keleluasaan untuk menerapkan teknik atau strategi bermain. Tapi, pastikan saat bermain mengetahui dan paham benar tentang kartu yang didapatkan.

Itulah sahabat sedikit ulasan yang diberikan tentang perkembangan dan sejarah dalam capsa susun. Semogaapayang disampaikan menambah pengetahuan permainan anda agar bisa bermain dengan lancar dan masalah berarti. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply